Senin, 11 Februari 2013

Antena Yagi Induksi Mini Parabola


 *Bila Pemula bikin antena yagi induksi
            Dengan niat untuk memperoleh sinyal 3G atau HSDPA karena sebelumnya hanya mendapatkan sinyal full EDGE namun dirasa kurang mantap, dan  berbekal hasil browsing di google dengan menggunakan keyword memperkuat sinyal modem, akhirnya menentukan membaca beberapa website atau blog yang membahas cukup rinci tentang hal ini, sehingga tentunya bisa dijadikan dasar atau bahan rujukan, walau hasilnya tidak sama persis dengan yang dibuat ini.
             Adapun di antaranya yaitu membahas memperkuat sinyal modem menggunakan antena Yagi induksi. Di buat induksi karena modem yang ada tidak terdapat slot konektor eksternal antena seperti model lainnya. Berikut antena yagi induksi rakitan yang coba saya buat dari bekas antena tv model lama yg sudah tidak terpakai lagi. Hasilnya modem saya yang semula hanya menangkap sinyal EDGE dan sesekali sinyal 3G,  dengan mencoba memakai  antena jenis ini mendapat sinyal 3G/WCDMA sekitar 1-2 bar kualitas cukup baik, dengan jarak BTS 2 - 3 km. 
           Antena pertama yang coba digunakan ini, tanpa banyak merubah bentuk dari antena tv semula, hanya merubah panjang masing-masing elemen batangan kecil antena sehingga panjangnya berbeda-beda, dan membuat terminal antena yg menghubungkan antara kabel antena tv (coaxial 50 ohm) dengan media induksi (papan pcb kecil)  buatan sendiri, yang kemudian disatukan dengan modem dekat komputer. 
Berikut gambarnya:

                                                          Antena Yagi Induksi Rakitan Sendiri


*antena parabola mini kualitas maksi
            Dihari lainnya, saya mencoba menggunakan parabola mini tv berlangganan bekas, yang didapat dari pengumpul/ loakan dengan harga hemat,  dan menggunakan kabel UTP 10 meter sebagai konektor yang telah dimiliki.
             Menggunakan antena jenis ini berarti modem akan ditempatkan di luar ruanagan. 
            Dengan hanya sedikit modifikasi, khususnya untuk penempatan  modem pada LNB yang ada, maka antena ini sudah bisa untuk digunakan secara baik. Dari hasil penggunaan didapat sinyal yang sangat signifikan yaitu 5 baris atau full bar sekemampuan modem, dan ini dicoba pula untuk diarahkan kepada BTS yang terjauh dari lokasi kurang lebih 5 - 10 km, sinyal tetap penuh. 
Berikut gambar antena yang ada :

                                                         antena parabola mini hemat

Sinyal si Yagi  dan si ParMin



 Untuk gambar yang lebih jelas bisa klik di sini >>>  antena_ku

 Demikian catatan kecil ini dibuat, semoga bermanfaat. Salam senyum!!


Tidak ada komentar: