Selasa, 16 Juni 2020

Mini PC stick Intel Z3735F

Review pribadi kali ini tentang komputer mini stick atau PC dongle yang telah menggunakan processor intel quad core Z3735F bay trail yaitu perangkat dengan merk Meegopad T02. Dapat di lihat dari bentuk nya yang sedikit lebih besar dari versi perdana yaitu T01, hal ini sebagai perbaikan untuk sistem sirkulasi udara agar menjadi lebih baik.


             Secara fisik sama seperti versi sebelumnya sebagai penghubung dengan layar tv atau monitor, perangkat ini menggunakan port atau colokan hdmi (male), dan tersedia port micro usb x 1 sebagai port daya listrik, juga terdapat penambahan dari versi sebelumnya yaitu 2 x port USB 2.0. Adapun spesifikasi lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut



           Meegopad T02 menggunakan sistem operasi (OS) bawaan berupa windows 8.1 with bing yang merupakan versi gratis atau non-trial (periode terbatas) sehingga pengguna dapat leluasa menggunakan program yang tersedia layaknya windows 8 core, dan jika diinginkan bisa upgrade berbayar ke versi windows 8.1 pro (full version & gratis upgrade windows 10 jika telah tersedia). Untuk mengubah peraturan bahasa default meegopad silahkan baca >> mengubah-bahasa-default-windows-8x


         Dengan model minimalis, pengguna telah dapat mengubah monitor atau layar tv menjadi layaknya sebuah perangkat pc konvensional yang memiliki CPU berukuran lebih besar. Untuk penggunaan pada monitor atau layar tv, tentunya wajib tersedia port hdmi (female) sebagai syarat utama media tampilan tersebut. Bagi kebanyakan monitor pc yg belum memiliki port hdmi bisa  menggunakan adapter maupun konverter hdmi to vga yang beredar dipasaran. Pada converter hdmi terdapat jack audio 3.5mm sehingga bisa digunakan headset atau speaker audio with power agar mendapat hasil audio optimal layaknya menggunakan layar tv, kecuali pada monitor pc telah terdapat speaker internal.



         Karena keterbatasan jumlah port USB 2.0 yang ada hanya cukup untuk masing-masing keyboard dan mouse standar, maka untuk menghemat; 1 port usb bisa digunakan untuk dongle keyboard dan mouse wireless (2 in 1) dan 1 port usb lainnya untuk memory tambahan seperti hardisk external 2.5/etc (max 1 Tb) atau flasdisk apabila memory internal (32 GB) + micro sd (up to 64 GB) dirasa kurang. Sedang cara lain untuk memperbanyak jumlah port yang ada, bisa menggunakan USB Hub with power adapter.

            Dari percobaan pengoperasian normal perangkat ini, meegopad T02 dirasa cukup sebanding dengan durasi pengoperasian sebuah perangkat mobile, seperti tablet, netbook ataupun laptop yaitu kisaran 2 - 3 jam dengan berbagai aplikasi yg digunakan, karena panas yg dihasilkan cukup terasa apabila dipegang namun masih dalam batas wajar, dan apabila digunakan dalam waktu relatif lama layaknya pengoperasian sebuah pc kantor atau rumah sebaiknya di beri tambahan kipas angin kecil seperti kipas pada CPU atau pendingin prosesor umumnya, guna sekedar pengusir panas.
Meegopad cepat sekali mengurai panas dan hardware yang ada memang dirancang untuk tahan terhadap kondisi panas yang dihasilkan, sebagai contoh pada percobaan digunakan selama 6 - 8 jam per hari non-stop untuk menjalankan beberapa aplikasi seperti memutar film/musik, browsing, download dan mengetik, hampir tanpa menemui kendala apapun. Hanya bagi penikmat game berat dan video editing kelas menengah keatas, tidak disarankan menggunakan perangkat ini karena sejak awal spesifikasi yg ada (low-end) memang tidak menunjang untuk menjalankan aplikasi tersebut. 
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: